Post Top Ad

Sunday, May 10, 2015

Tahapan Pengobatan Kanker Payudara

Tentu kaget dan takut ketika anda mendengar kabar bahwa anda positif mengidap kanker payudara, saatnya anda mencari info tahapan pengobatan kanker payudara. Berikut ini kami lansir dari kompasiana.com/rajwa tentang bagaimana tahapan - tahapan pengobatan kanker payudara.


Berikut ini adalah tahapan pengobatan kanker payudara. Pertama adalah dengan melakukan pembedahan terhadapa benjolan kanker yang muncul pada kanker anda. Benjolan ini harus diambil guna mencegah penyakit kanker menjadi semakin parah. Langkah penyembuhan ini biasa disebut dengan Radical Mastectomy. Biasanya operasi ini juga diikuti dengan radioterapi pada pasien, langkah penyembuhan ini dilakukan apabila ukuran tumor yang ada di tubuh pasien besarnya sekitar 2 cm dan terletak di pinggir payudara pasien. Ini merupakan langkah yang paling sederhana bagi pasien yang terjangkit kanker payudara tingkat biasa. Untuk tingkat yang lebih tinggi, langkah penyembuhannya akan lebih rumit dan beresiko. Oleh karena itu segera periksakan diri anda ke dokter apabila anda merasakan ada gejala kanker yang anda rasakan pada tubuh anda.

Langkah penyembuhan kanker yang kedua adalah total macsetomy. Dari istilah tersebut anda pasti sudah bisa menyimpulkan bahwa proses pengambilan payudara ini dilakukan secara menyeluruh atau pengambilan tumor dilakukan dengan mengambil seluruh payudara anda. Bagi wanita yang terjangkit oleh penyakit payudara, mereka harus merelakan payudara mereka diambil. Semisal anda terjangkit payudara anda disebelah kiri, maka payudara sebelah kiri anda lah yang akan diambil, dan anda harus merelakan payudara anda hilang separuh.  Sisi positif dari proses penyembuhan kanker payudara yang kedua ini adalah  pengambilan tidak meliputi kelenjar ketiak, melainkan hanya keseluruhan payudara yang terjangkit kanker saja sehingga anda tidak perlu khawatir bahwa kelenjar ketiak anda akan diambil. Proses penyembuhan ini dilakukan bagi penderita kanker payudara tingkat menengah.

Langkah penyembuhan kanker  yang ketiga adalah Modified Radical Mastectomy. Langkah ini merupakan langkah terakhir yang dilakukan oleh dokter untuk melakukan penyembuhan pada pasien. Langkah ini termasuk langkah yang paling beresiko karena anda harus kehilangan sebagian besar jaringan pada tubuh anda dan juga payudara anda sendiri. Langkah ini dilakukan oleh dokter untuk penderita kanker payudara tingkat tinggi yang kankernya sudah semakin menyebar luas dan harus diambil beserta sel-sel jaringan tubuh yang lain yang telah rusak karenanya. Cara melakukan operasi ini cukup riskan. Dokter bedah akan mengambil atau mengangkat payudara anda, kemudian dokter bedah juga akan mengangkat jaringan sel payudara, dada, dan juga segala sel yang telah ikut rusak akibat penyakit kanker payudara ini.

REVIEW  obat kanker payudara herbal ijin resmi BPOM RI


Selain melakukan pengangkatan payudara, ada juga cara menyembuhkan kanker yang lebih sederhana dan tidak menyakiti fisik pasien yaitu operasi radioterapi. Operasi ini dilakukan pada daerah tubuh pasien yang terkena kanker. Dokter akan melakukan penyinaran kepada sel kanker anda dengan menggunakan sinar X. Proses ini juga bisa dilakukan pasca selesai operasi kanker payudara. Dengan demikian pasien tidak akan khawatir lagi jika ada sel kanker yang tersisa. Dengan menggunakan sinar X, sel kanker akan benar-benar disembuhkan dan anda tidak perlu khawatir lagi. Namun seperti yang kita ketahui bahwa melakukan operasi dengan mengguakan sinar X akan memberikan dampak yang merugikan bagi tubuh kita. Hal ini jelas dikarenakan sinar X memiliki efek penghancur sel yang bisa berakibat pada melemahnya sel-sel di tubuh kita. Beberapa efek yang timbul setelah kita melakukan operasi sinar X pada kanker payudara adalah berubahnya warna payudara menjadi hitam dan juga kadar tekanan darah pada tubuh kita terutama leukosit akan menurun, selain itu aka nada dampak signifikan yang mana akan membuat anda kurang nafsu makan. Memang benar opearasi dengan menggunakan sinar X lebih mudah daripada operasi pengangkatan payudara, namun efeknya juga perlu kita pertimbangkan.

Ada lagi proses pengobatan kanker payudara yang lebih mudah, yaitu dengan menggunakan Chemoteraphy atau biasa disebut dengan metode penyembuhan penyakit kanker dengan cara memberikan obat atau pil kepada pasien. Obat-obatan kanker ini bisa didapat dengan mudah oleh pasien melalui dokter dan pasien harus mengkonsumsinya setiap hari. Apabila dikonsumsi setiap hari, kondisi pasien yang terkena kanker akan semakin membaik dan penyakit kanker akan bisa menghilang sedikit demi sedikit.  Proses ini juga bisa dilakukan melalui infus apabila pasien tidak ingin mengkonsumsi obat-obatan secara langsung. Dampak dari proses penyembuhan ini adalah mual-mual dan rambut rontok.

Terimakasih telah menyimak, semoga kita yang selalu berhati-hati dengan pola hidup sehat terhindar dari penyakit kanker payudara, dan kita yang terlanjur positif terkena kanker payudara semoga allah swt mengangkat penyakit kita dan menggantinya dengan kesehatan serta menjadikan penyakit kita kiparat bagi terhapusnya dosa-dosa kita, amin, semoga lekas sembuh.